Skill Dasar Dalam Bermain Basket ( Dribble Bola Basket ) | Berbagi Ilmu Gratis | Cara Dribble Bola Basket Yang Benar



Skill Dasar Dalam Bermain Basket ( Dribble Bola Basket ) | Berbagi Ilmu Gratis | Cara Dribble Bola Basket Yang Benar


Skill Dasar Dalam Bermain Basket ( Dribble Bola Basket ) | Berbagi Ilmu Gratis | Cara Dribble Bola Basket Yang Benar - Dribbling adalah salah satu Skill Dasar yang harus dipelajari. Tidak hanya mempelajari cara dribbling yang bagus, tapi penting juga untuk mengetahui kapan harus men-drbble bola dan tidak. Seorang pemain yang terlalu sering melakukan dribbling dapat mematikan pergerakan dan momentum tim. Untuk menjadi seorang pemain yang bagus dalam dribbling dan ball handling, harus sesering mungkin melakukan latihan, dengan cara menggunakan kedua tangan,...

Dribbling / memantulkan bola ( membawa ) dapat dilakukan dengan sikap berhenti, berjalan atau berlari. Pelaksanaannya dapat dikerjakan dengan menggunakan tangan kanan atau tangan kiri, contohnya seperti : Dribble rendahm, Dribble tinggi, Dribble lambat, Dribble cepat,...

..:: Passing ( Mengoper Bola ) ::..
Passing / operan dengan dua tangan : The two hand chest pass ( operan setinggi dada/ tolakan dada ), The over head pass ( operan atas kepala ), The bounce pass ( operan pantulan ), The under hand passa ( operan ayunan bawah ). Macam - macam operan dengan satu tangan : The side arm pass/the base ball pass ( operan samping ), The lop pass ( operan lambung ), The back pass ( operan gaetan ), The jump hand pass ( operan lompat ).

..:: Macam - Macam Lemparan ::..
  1. Lemparan tolakan dada dengan dua tangan, Lemparan atau operan ini merupakan lemparan yang sangat banyak dilakukan dalam permainan. Lemparan ini sangat bermanfaat untuk operan jarak pendek dengan perhitungan demi kecepatan dan kecermatan dan kawan penerima bola tidak dijaga dengan dekat. Jarak lemparan antara 5 sampai 7 m.
  2. Lemparan samping, Lemparan samping berguna untuk operan jarak sedang dan jarak kira-kira antara 8 sampai 20 meter, bisa dilakukan serangan kilat.
  3. Lemparan dua tangan di atas kepala, Operan ini biasanya digunakan oleh pemain-pemain jangkung, untuk menggerakkan bola di atas sehingga melampui daya raih lawan. Operan ini juga sangat berguna untuk operan cepat, bila pengoper itu sebelumnya menerima bola di atas kepala.
  4. Lemparan bawah dengan dua dua tangan, Lemparan atau operan ini sangat baik dilakukan untuk operan jarak dekat terutama sekali bila lawan melakukan penjagaan satu lawan satu.
  5. Lemparan kaitan, Operan kaitan sebaiknya diajarkan setelah lemparan-lemparan yang lain dikuasai. Operan ini digunakan untuk dapat melindungi bola dan mengatasi jangkauan lawan terutama sekali bagi lemparan yang lebih pendek dari panjangnya. Ciri lemparan ini : bola dilemparkan di samping kanan/kiri, terletak di atas telinga kiri/kanan dan penerima ada di kiri kanan pelempar. Di samping operan - operan tersebut di atas.
Cara memasukkan bola atau menembak ( shooting ) Bila dilihat dari posisi badannya terhadap papan maka dapat dibedakan 7 bagian : 
  1. Menghadap papan ( facing shoot ).
  2. Membelakngi papan (back up shoot) Sedang cara pelaksanaannya dapat dilakukan dengan sikap berhenti, memutar,melompat dan berlari.
  3. Menghadap papan dengan sikap berhenti : tembakan dua tangan dari dada (two handed set shoot, tembakan dua tangan dari atas kepala (two handed over head set shoot), tembakan satu tangan (one hand set shoot), tembakan satu tangan dari atas kepala (one hand over head shoot).
  4. Menghadap papan dengan sikap melompat.
  5. Menghadap papan dengan sikap lari.
  6. Membelakangi papan dengan sikap berhenti.
  7. Membelakangi papan dengan sikap melompat.
Memutar badan dengan salah satu kaki menjadi poros putaran ( setelah menerima bola ). pivot kemudian dribble ( membawa bola ), pivot kemudian passing ( melempar ), pivot kemudian shooting ( menembakan ),...